Kamis, 10 Maret 2016

KSAL Lantik 6 Jenderal

Beliau adalah anak Drs Husein Sastra, tokoh pendiri organisasi PS/Partisan Siliwangi, dan cucu Ama Muhammad Satrip bin H Saram, Cipeucang, Banten, seorang sesepuh PS yang menyebarkan ribuan murid  PS ke pelosok Banten, Lampung, Jawa Barat adalah Laksamana Ir Eden Gunawan MM

Jakarta, 26 September 2014,---Sebanyak enam Perwira Tinggi TNI AL melaksanakan pelaporan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari sebelumnya dihadapan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio dalam upacara kenaikan pangkat, yang dilaksanakan di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Selasa (26/9).


Keenam Perwira Tinggi tersebut masing-masing: Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Ir. Harry Pratomo, Kepala Dinas Materiel Angkatan Laut (Kadismatal) Laksamana Pertama TNI Toto Prihatono, Kepala Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Kadiswatpersal) Laksamana Pertama TNI Teguh Widodo, M.Si (Han), Kepala Pusat Pembinaan Mental (Kapusbintal) TNI Laksamana Pertama TNI Muchammad Ricard, S.H., Bandep Lingstrareg Setjen Wantannas Laksamana Pertama TNI Eko Purwanto, serta Kabinda Maluku Utara Laksamana Pertama TNI Ir. Eden Gunawan.


Pada kesempatan yang sama, juga dilaksanakan serah terima jabatan (sertijab) Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) dari Laksamana Pertama TNI Dr. Bambang Renaldi, Sp. M. kepada Laksamana Pertama TNI Dr. Syarief Hidayat, Sp. Kk. Pejabat baru Kadiskesal Laksamana Pertama TNI Dr. Syarief Hidayat, Sp. Kk. sebelumnya menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (Karumkital) dr. Ramelan Surabaya, sedangkan pejabat lama Kadiskesal Laksamana Pertama TNI Dr. Bambang Renaldi, Sp. M. selanjutnya menjadi Staf Khusus Kasal.


Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio dalam amanatnya mengatakan, bahwa kenaikan pangkat dan jabatan baru merupakan penghargaan sekaligus tanggung jawab yang semakin berat. “Hal ini mengisyaratkan bahwa pangkat dan jabatan yang disandang harus setara dengan kualitas serta integritas yang dimiliki untuk diimplementasikan dalam penugasan di lapangan,” tegasnya.

Dikatakan Kasal, bahwa Perwira TNI Angkatan Laut yang telah menerima anugerah berupa kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi diberikan atas prestasi, dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini. “Kenaikan pangkat perwira tinggi, sangat terkait erat dengan promosi jabatan yang sedang disandangnya, sekaligus merupakan bagian dari pelaksanaan sistem pembinaan personel yang diorientasikan untuk menunjang kepentingan organisasi,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Kasal juga menjelaskan tentang penganugerahan bintang kehormatan The Legion of Merit kepada dirinya dari pemerintah Amerika Serikat sebagai bentuk apresiasi yang tinggi atas kerja sama Angkatan Laut kedua negara. “Kita semua patut berbangga karena usaha dan kerja keras kita telah membuahkan hasil yang baik berupa penghargaan dari pemerintah negara adi daya. Penghargaan The Legion of Merit hanya diberikan kepada pejabat militer yang telah berjasa khususnya dapat meningkatkan hubungan kerja sama secara khusus di kawasan dan secara umum antar negara,” kata Kasal.


Untuk itu, kata Kasal, hasil yang telah dicapai perlu kita pelihara bahkan ditingkatkan melalui program pelatihan yang intensif secara individu maupun satuan. “Peningkatan profesionalime setiap personel untuk dapat bekerja lebih baik dan dapat berinteraksi dengan negara lain kerja sama antar negara kawasan ke depan makin banyak frekuensinya dan tidak mungkin dihindari,” ujar Kasal.


Kasal menyampaikan bahwa perlunya peningkatan profesionalisme setiap personel agar dapat bekerja lebih baik dan berinteraksi dengan negara lain, karena kerja sama antar negara kawasan ke depan makin banyak frekuensinya dan tidak mungkin dihindari. Oleh karenanya, kata Kasal, setiap personel TNI Angkatan Laut, khususnya para perwira harus terus meningkatkan kapasitas pribadi masing-masing termasuk kemampuan berbahasa asing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar